Halo sobat koding! kami menyediakan Jasa Pembuatan Website. Hubungi Sekarang

8 Manfaat Membangun Blog Sendiri dari Awal

Selain untuk menyalurkan Hobi, blogger juga bisa dijadikan untuk media penghasil uang dengan menampilkan iklan pada blog kita. Jika suatu saat blog kita sudah besar namanya, sudah dapat pengunjung tetap. Itu akan bagus dan bisa meningkatkan penghasilan iklan kita dari Google Adsense maupun layanan lain.
8 Manfaat Membangun Blog Sendiri dari Awal

Halo sobat! apa kabar? kita jumpa lagi di blog saya ini. Kali ini saya akan membahas seputar blogging, yaitu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan selagi membangun blog. Dan tentu dengan membangunnya dari awal.

Selain untuk menyalurkan Hobi, blogger juga bisa dijadikan untuk media penghasil uang dengan menampilkan iklan pada blog kita. Jika suatu saat blog kita sudah besar namanya, sudah dapat pengunjung tetap. Itu akan bagus dan bisa meningkatkan penghasilan iklan kita dari Google Adsense maupun layanan lain.

Mungkin sobat belum sadar, sebenarnya ada banyak manfaat yang kita dapat jika menjadi seorang Blogger. Apa saja itu? mari kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Mengisi Waktu Luang

Blogger lebih memilih mengisi waktu luang mereka untuk menulis atau mengupdate konten blog mereka, daripada untuk bengong, main game atau kegiatan lain yang hanya menyia-nyiakan waktu.

Ngeblog bisa kita lakukan pada saat hari libur kerja, sekolah atau kuliah. Disela-sela waktu luang kita bisa cicil untuk menyusun kalimat demi kalimat untuk membuat sebuah artikel utuh.

2. Dapat Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Saat kita menulis suatu konten apapun temanya. Misalnya artikel sejarah, nah pada saat itu juga (saat membuat artikel) kita mendapat pengetahuan baru dari artikel atau konten yang sedang kita buat tersebut.

Pengetahuan dari artikel sejarah tersebut, tentu saja kita dapat saat mencari informasinya lebih detail dari sumbernya, contohnya buku. Itu akan membuat kita juga menjadi rajin membaca.

3. Berkembang dalam Menulis atau Menyusun Kata-kata dan Materi

Untuk membuat suatu artikel atau konten, tentu sobat perlu menulis dengan merangkai kata-per-kata agar menjadi suatu kalimat hingga paragraf dan jadilah sebuah artikel utuh. Setiap kali menulis artikel baru, sobat tentu akan berkembang teknik penulisannya menjadi lebih rapih dan baik.

Orang yang baru terjun ke dunia penulis, akan merasa kesulitan dalam hal ini. Contohnya saya, sampai saat ini saya masih kaku untuk menyusun kalimat.

Tapi tidak apa-apa, saya yakin dan tetap optimis bahwa saya akan berkembang dengan cara selalu konsisten untuk menulis artikel.

4. Bisa Bersaing dan Kreatif

Yang hobi ngeblog itu bukan hanya kamu saja, ada banyak orang didalam maupun diluar negeri juga yang sama-sama menulis artikel di blog mereka.

Sehingga ini menjadikan kompetisi untuk persaingan di Mesin Pencari seperti Google, yang mengharuskan kita untuk kreatif dan konsisten agar blog kita dikunjungi orang.

Tidak hanya kreatif, sobat juga perlu tahu ilmu marketing seperti SEO. Yaitu bagaimana caranya agar artikel anda muncul di barisan paling atas pada halaman pertama mesin pencari seperti Google.

5. Dapat Membantu Orang Lain dengan Tulisan

Salah satu artikel yang banyak membantu orang adalah artikel dengan niche Tutorial. Dimana pembaca ingin mencari jawaban dari suatu permasalahan yang mereka alami.

Contoh artikelnya, seperti ini :

Tutorial Cara Mengatasi Muncul Pop Up IDM Fake Serial Number.

6. Bisa dikenal Orang Banyak

Kembali ke poin diatas, jika kita berhasil menjawab pertanyaan dari pembaca dengan artikel tutorial kita, maka pembaca suatu saat mungkin akan kembali mengunjungi lagi blog kita.

Hingga akhirnya mereka akan tahu, dimana blog yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Pembaca kita bisa melakukan langganan RSS atau newsletter via email, agar mereka bisa mendapatkan notifikasi akan adanya artikel terbaru pada blog yang kita buat.

Ini tentu akan meningkatkan popularitas blog kita, jika pengunjung sudah banyak yang mengenal blog kita.

7. Dapat Memahami Ilmu Tentang Web

Kita bisa menggunakan beberapa platform web untuk membuat blog, anda bisa memilih CMS(Content Management System) seperti Blogger, Wordpress, Joomla!, Tumblr, dan lain-lain.

Untuk mengembangkan webnya tentu kita harus mengetahui tentang menggunakan bahasa pemrograman untuk web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan lain sebagainya.

Kita harus mendesign web atau blog kita sedemikian rupa, agar enak dipandang mata dan membuat pembaca merasa nyaman saat mengunjungi blog kita.

8. Bisa Menghasilkan Pendapatan

Yang terakhir ini, banyak sekali yang menjadikan "Dapat Uang Banyak Cuma dari Blog" sebagai mimpi atau tujuan mereka. Apakah menghasilkan banyak uang dari blog ini hanya mimpi?

Tentu saja bukan, ini nyata. Contohnya sudah banyak blogger di Indonesia yang sudah mendapatkan uang dari ngeblog, seperti Mastimon.

Ada banyak caranya agar kita bisa mendapat uang lewat blog, berikut ini daftarnya :
  1. Memasang Iklan pada Blog (Contoh: Google Adsense)
  2. Menjual Template Blog Buatan Sendiri
  3. Jasa Menulis Artikel Blog
  4. dan masih banyak lagi.

Itulah 8 Manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog. Usailah sudah pembahasan saya untuk artikel ini, tidak panjang sih. Tapi semoga bermanfaat untuk sobat blogger, ayo kita saling memotivasi dan saling mendukung agar bisa sukses bareng-bareng.

Silahkan Bagikan atau share apa bila memang artikel ini bermanfaat. Terima kasih.
Kumpulan Informasi, Tutorial, Tips dan Source Code Pemrograman Khususnya Website

Post a Comment

Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar.
Silahkan berkomentar dengan bijak.
Terima Kasih.
© Alam Koding. All rights reserved. Developed by Jago Desain